A.
Pendahuluan
Pendekatan sistem mempunyai arti yaitu suatu komputer yang
berperan pokok dalam suatu metode.Tetapi suatu informasi juga bukan hanya dari
komputer tetapi banyak informasi dari luar yang dipergunakan oleh seorang
manajer dan seorang manajer dapat berbeda cara bagaimana mengumpulkan data
tersebut.
B.
Pembahasan
1.
Pemahaman Dasar Pemecahan Masalah dan Pembuatan
Keputusan.
Seorang
manajer haruslah dapat memecahkan masalah dalam suatu organisasi atau
perusahaan.Dan tujuan dari sistem informasi adalah membantu manajer dalam
memecahkan masalah.
Keputusan
mempunyai arti yaitu seleksi dari beberapa tindakan,jadi pembuatan keputusan
adalah penyeleksian tindakan dalam suatu masalah yang di yakini oleh pembuat
keputusan bahwa keputusan tersebut adalah jalan terbaik untuk memecahkan
masalah tersebut.
2.
Tahapan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan
Pendekatan Sistem.
Pendekatan
sistem atau DSS adalah pengidentifikasian dan pemisahan masalah diikuti dengan
proses pemecahan yang sistematik.Dalam pemecahan masalah dengan menggunakan DSS
memiliki suatu cara yaitu :
1.
Melihat perusahaan sebagai sebuah sistem.
2.
Memahami sistem lingkungan.
3.
Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
4.
Memproses dari tingkat sistem ke subsistem.
5.
Menganalisis bagian sistem dalam urutan
tertentu.
6.
Mengidentifikasi pemecahan pengganti.
7.
Mengevaluasi pemecahan pengganti.
8.
Menetukan pemecahan yang terbaik.
9.
Menerapkan pemecahan.
10.
Tindak lanjut untuk memastikan bahwa pemecahan
tersebut efektif.
3.
Faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan
masalah
Faktor
manusia atau faktor dari seseorang manajer pun dapat mempengaruhi cara yang
akan di ambil untuk pemecahan masalah,yaitu antara lain :
·
Penangkapan Masalah,dibagi 3 kelompok :
o
Penghindar masalah,manajer menganggap segala
sesuatu berjalan dengan baik terus-menerus.
o
Pemecah masalah,manajer tidak mencari masalah
dan jika ada suatu masalah dia akan menyelesaikannya.
o
Pencari masalah,adalah seorang manajer yang
agresif.
·
Pengumpulan informasi,dibagi 2 :
o
Cara memerintah,manajer melakukan manajemen
dengan pengecualian dan menampilkan segala sesuatu yang tidak sesuaidengan
kriteria tertentu.
o
Cara menerima,manajer ingin melihat segala
sesuatu kemudian menentukan apakah ia berguna bagi dirinya sendiri atau orang
lain dalam organisasi.
·
Penggunaan informasi,dibagi 2 :
o
Cara sistematik,manajer memberikan perhatian
khusus untuk mengikuti metode pemecahan masalah yang telah ditentukan.
o
Cara intuitif,manajer tidak menggunakan suatu
metode tertentu,namun ia menyesuaikan pendekatan dengan situasi yang ada.
C.
Kesimpulan
Setelah
saya menyelesaikan tulisan ini saya dapat menyimpulkan bahwa,seorang manajer
dalam menyelesaikan masalah haruslah dengan di dukung informasi-informasi yang
di butuhkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.Dan semua manajer pun tidak
sama dalam penyelesaian suatu masalah karena seorang manajer mempunyai karakter
yang berbeda-beda.
D.
Daftar pustaka
E.S.Margianti & D. Suryadi H.S. Sistem
Informasi Manajemen.Penerbit Gunadarma
0 komentar:
Posting Komentar