Sabtu, 01 Oktober 2011

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN


a     a)      PENDAHULUAN
                Di artikel sebelumnya sudah di jelaskan tentang sistem informasi manajemen.Lalu sekarang di artikel ini saya akan menjelaskan tentang model-model sistem umum dalam suatu perusahaan (general system model of the firm).Yaitu suatu diagram proses  sistem dapat diterapkan ke dalam segala jenis organisasi.

b     b)      PEMBAHASAN

Pengertian Model
                Model adalah suatu abstraksi dari sesuatu yang menampilkan tujuan dan aktivitas yang disebut entity,dimana entity tersebut adalah calon pembeli.

Konsep Dasar Model Sistem Umum  Perusahaan
                Pada dasarnya ada 4 jenis model,yaitu :
1     -       Model fisik
                Suatu jenis model yang penggambaran tiga dimensi dari kesatuannya,model ini bisa berukuran lebih kecil,lebih besar atau sama dari pada obyek yang di wakilinya.Contohnya adalah mainan anak-anak,seperti mobil,kapal dan lain-lain.

2    -      Model naratif
                Sebuah jenis model yang digunakan oleh manajer tiap hari,yang jarang sekali di anggap model.model ini menjelaskan entity dengan lisan maupun tertulis.

3    -       Model grafis
                Jenis model ini menjelaskan entity dengan berupa garis,simbol dan bentuk.Dan tidak jarang juga di sertai dengan penjelasan naratif.
               
4    -      Model matematis
                Model ini menggunakan rumus matematika dalam penggunaannya dan dalam penggunaan matematikanya lebih kompleks dari pada metematika di perguruan tinggi,contohnya dalam perhitungan BEP.

Penggunaan Model Sistem Umum
                Dalam penggunaan model terdapat dua tujuan,yaitu:
·         Memudahkan pemahaman yaitu dapat di buat lebih sederhana agar para entity dapat memahami produk dari perusahaan.
·         Meramal yaitu dalam pembuatan model ini mempunyai kegunaan dalam membantu pemahaman lebih sedikit di banding dengan kemampuan meramal.di karenakan manajer mempunyai dampak potensial dari keputusan pada perusahaan,maka  kemampuan untuk melihat masa depan sangat di butuhkan,maka model yang sangat tepat ialah model matematis karena dapat memberikan daya ramal tersebut.

c     c)       Kesimpulan
                Telah saya simpulkan bahwa suatu model perusahaan sangat di butuhkan dalam suatu perusahaan karena agar dapat mengetahui perkembangan perusahaan,memberitahukan secara efektif produk perusahaan,dan memanage perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

d     d)      Daftar Pustaka
       E.S.Margianti & D. Suryadi H.S. Sistem Informasi Manajemen.Penerbit Gunadarma.

0 komentar:

Posting Komentar