Jumat, 22 April 2011

Komunikasi dalam Organisasi

  • Pengertian komunikasi
                Komunikasi adalah suatu kegiatan proses pengiriman dan penerimaan suatu informasi dari satu orang ke orang yang lain dan dapat pula di lakukan dalam beberapa orang.
  
  • Bagaimana menyalurkan ide dalam komunikasi
                Pertama-tama harus adanya pengirim informasi,penerima informasi,informasinya dan bahasa yang saling dimengerti.Lalu cara menyalurkannya adalah :
  1.  Ide
    Adanya suatu ide dari seseorang(sender).
  2. Perumusan
    Sender memberitahukan idenya dengan kata-kata.
  3. Penyaluran
    Dalam penyalurannya atau agar memperjelas idenya dapat di gunakan secara lisan tertulis,mempergunakan simbol atau isyarat.
  4. Penerimaan
    Penerima ide(receiver) menerima ide yang dimaksud oleh sender.
  5. Pengertian
    Ide gagasan dari si sender di jadikan ide si receiver.
  6. Tindakan
    Tindakan apa yang harus dilakukan dari ide tersebut.
  7. Feedback
    Lalu tanggapan atau feedback dari ide yang di salurkan dari si sender.
  •  Hambatan-hambatan komunikasi
                Adapun hambatan-hambatan  dalam melakukan komunikasi antara lain :
  1.  Hambatan teknis
    Hambatan yang timbul karena sisi lingkungan yang memberikan dampak pencegahan kelancaran dan pengiriman pesan.
  2. Hambatan semantik
    Hambatan dalam pemilihan kata-kata yang tidak tepat yang menyebabkan informasi tidak efektif.
  3.  Hambatan perilaku
    Hambatan yang terjadi karena perilaku sender dan receiver.

0 komentar:

Posting Komentar