Selasa, 29 November 2011

MANAJEMEN SUMBER INFORMASI


PENDAHULUAN
          Dalam suatu organisasi atau perusahaan pasti banyak menggunakan informasi-informasi yang di butuhkan,informasi tersebut tidak mungkin hanya sedikit,maka dari itu seorang manajer haruslah dapat mengatur informasi-informasi tersebut.
PEMBAHASAN
§  Berbagai Pandangan Tentang IRM
            Informasi merupakan salah satu sumber utama dari perusahaan & dapat dikelola seperti halnya sumber lain.IRM (Information Resource Management) merupakan metodologi siklus hidup yang digunakan untuk menciptakan sistem yang menghasilkan informasi yang berkualitas. IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan &manajemen.

§  Informasi Sebagai Sumber Strategis
            Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif. Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan :
1) Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
2) Informasi yang menerangkan penggunaan produk
3) Informasi yang menerangkan kepuasan produk

§  Manajemen dan Strategi End User Computing
            Tugas perusahan adalah untuk menetapkan kebijaksanaan End User Computing yang memberikan fleksibitas kepada pemakai untuk melakukan inovasi dalam pengunaan computer.namun juga harus menentapkan kotrol untuk memastikan bahwa penggunaan tersebut mendukung tujuan perusahaan.

PENUTUP
§  Kesimpulan
         Dalam suatu organisasi haruslah seorang manager dapat mengatur berbagai informasi-informasi agar informasi tersebut menjadi berguna.

§  Daftar pustaka
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar