Pendahuluan
Artikel ini saya buat karena untuk menyelesaikan tugas softskill dan untuk saling memberitahukan tentang sistem informasi manajemen.Manajemen informasi adalah suatu aktivitas manajer yang memproses data mentah menjadi suatu informasi yang dapat di gunakan dan seorang manajer haruslah mengganti sebuah informasi yang tidak lengkap dan salah dengan informasi yang dapat di gunakan,itu semua yang di sebut dengan manajemen informasi.
Pembahasan
- Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Seiring perkembangan jaman manajemen informasi sekarang yang di butuhkan makin lama semakin kompleks dan diminta untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang efektif.
1.1. Meningkatnya Kekompleksan Tugas Manajemen
kekompleksan tugas manajemen di bagi menjadi 5 faktor antara lain :
- Pengaruh Ekonomi Internasional
sekarang ini perusahaan-perusahaan telah di jadikan subyek bagi pengaruh ekonomi di seluruh dunia,sebagai contoh dengan pengaruh mata uang dollar US dalam perbandingan dengan nilai mata uang asing yang mempunyai keseimbangan impor dan ekspor.
- Meningkatnya kekompleksan Teknologi
Sekarang ini teknologi berkembang semakin lama semakin kompleks,contohnya sekarang ini banyak pabrik-pabrik yang sudah menggunaka teknologi yang otomatis.
- Penyusutan Kerangka Waktu
seorang manajer sekarang ini haruslah dapat bertindak secara cepat untuk merespon tekanan dari pelanggan.
- Tekanan Pesaing
seorang manajer haruslah dapat bekerja secara sangat efisien karena harus bersaing dengan pesaing-pesaing dari lain perusahaan
- Tekanan Sosial
lalu yang terakhir seorang manajer juga harus menghadapi tekanan dari dalam perusahaanmisalnya pembayaran gaji,tempat penjualan baru dan lain-lain.
1.2. Keberadaan Alat untuk Memecahkan Persoalan
Lalu untuk mendukung tugas dari seorang manajer haruslah dapat menggunakan alat-alat yang sekarang ini semakin kompleks yang bertujuan agar semakin efektif dalam pengam bilan keputusan.
2. Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan penggunaan segala jenis sumber.Sumber itu sendiri dapat berupa orang,peralatan,uang atau informasi.
2.1. Keterampilan Manajemen
Seorang manajer haruslah mempunyai keterampilan sebagai berikut :
- Dapat berkomunikasi dengan baik melalui lisan maupun tertulis.
- Dapat memecahkan semua masalah yang terjadi di dalam organisasinya.
- Mengusai dengan baik tentang komputer karena komputer dapat di gunakan sebagai pendukung komunikasi dan pengambilan keputusan.
- Dapat memahami dan menggunakan semua informasi yang di butuhkan di organisasinya.
2.2. Manajer dan Sistem Informasi
Seorang manajer harus dapat melakukan orientasi sistem yaitu sekelompok elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.
3. Data dan Informasi
Data dan informasi tidaklah sama,jika data adalah suatu informasi yang belum di olah dan belum dapat digunakan,tetapi jika informasi adalah suatu data yang sudah di olah dan dapat berguna bagi seseorang.
4. Komputer sebagai Elemen dalam Sisitem Informasi
Komputer menjadi suatu pendukung yang penting dalam merubah suatu data menjadi informasi-informasi yang di butuhkan.
5. Evolusi Sistem Informasi Berbasis komputer
Evolusi sistem informasi di bagi menjadi 5 yaitu :
- Fokus Data
Menggunakan suatu aplikasi komputer yang disebut EDP tetapi aplikasi ini terbatas hanya untuk memproses data akuntansi.
- Fokus Informasi
Menggunakan suatu aplikasi komputer untuk memproses suatu data menjadi informasi.
- Fokus pada Pendukung Keputusan
Menggunakan suatu aplikasi komputer untuk mendukung dalam pengambilan keputusan.
- Fokus pada komunikasi
Yaitu di fokuskan kepada office automation yang dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dan mempermudah komunikasi dan meningkatkan produktivitas antara manajer dengan karyawan.
- Fokus Konsultasi
yaitu adanya penerapan AI atau artificial inteligence yang mempunyai arti bahwa komputer dapat diprogram untuk melakukan beberapa pemikiran logis seperti manusia.
5. Upaya Pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer
Upaya agar dapat tercapainya sistem ini adalah kita harus dapat melakukan fase-fase yaitu :
- Perencanaan
- Analisis dan desain
- Implementasi
- Operasi dan kontrol
Dan jika kita dapat melakukan fase-fase tersebut maka kita akan dapat melakukan sistem informasi berbasis komputer.
Kesimpulan
Jadi setelah saya membuat artikel ini saya mendapatkan kesimpulan bahwa seorang manajer adalah bagian penting dalam suatu organisasi yang sangat di butuhkan agar organisasi itu dapat bersaing dengan organisasi atau perusahaan-perusahaan lainnya yang sekarang ini telah bersaing dengan sangat ketat.
Daftar Pustaka
E.S. Margianti & D. Suryadi H.S. .Sistem Informasi Manajemen.Penerbit Gunadarma.
0 komentar:
Posting Komentar