Minggu, 29 Mei 2011

Pemrograman Java 2 Micro Edition(J2ME)

                Pemrograman J2ME adallah suatu pemrograman berbasis java yang di peruntukan untuk mobile edition atau handphone yang sudah suport java.Pemrograman java dapat di buat dengan aplikasi Netbeans,Wireless toolkits(WTK) dan Eclipse.Tetapi sekarang saya akan menjelaskan bagaimana membuat aplikasi java menggunakan netbeans pertama-tama download disini pilih yang ukurannya paling besar.Lalu install netbeannya tetapi  sebelum menginstall netbeans terlebih dahulu install java se terbarunya nya dahulu yang bisa di download disini pilih yang JDK bukan yang JRE.lalu install javanya terlebih dahulu baru netbeans.
                Setelah selesai menginstall ada yang harus diperhatikan bahwa dalam menuliskan coding java harus diperhatikan besar kecilnya huruf karena pemrograman java termasuk pemrograman yang case sensitif.  
                Nah sekarang kita akan mulai dari menuliskan codingnya pertama-tama pilih File-new project maka akan tampil :

Lalu pilih mobile dan mobile application klik next.


Lalu isi project name terserah anda,dan uncheck create hello midlet.dan klik finish.


Lalu pilih file-new file-midp-midletklik next.


Lalu isi midlet name bunga lalu finish.
Lalu hapus coding dan copy paste coding di bawah ini :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class bunga extends MIDlet implements CommandListener {
 public Double nilai;
 public Alert alert;
 private TextField nama;
 public Form f;
 public Command back;
    public void startApp() {
    Form f = new Form("Masukkan Harga");
    alert = new Alert("Welcome","     Aplikasi untuk menghitung jumlah bayar",null,null);
    nama = new TextField("Rp.", null, 9, TextField.NUMERIC);
    Command cek = new Command("Check",Command.OK,1);
    Command exit = new Command("Exit",Command.EXIT,0);
    f.append(nama);
    f.addCommand(cek);
    f.addCommand(exit);
    f.setCommandListener(this);
    Display.getDisplay(this).setCurrent(alert,f);
    }
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
        notifyDestroyed();
    }
    public void Exit() {
    this.destroyApp(true);
    }
    public void hitung (){
    double a1 = Double.parseDouble(nama.getString());
    a1 = (a1 * 10 / 100) + a1;
    String akhir = Double.toString(a1);
    akhir = "Rp."+a1;
    String hasil2 = "Jumlah yang harus di bayar,dengan bunga 10%:";
    Form f2 = new Form("hasil");
    back = new Command("Back",Command.BACK,0);
    f2.addCommand(back);
    f2.append(hasil2);
    f2.append(akhir);
    f2.setCommandListener(this);
    Display.getDisplay(this).setCurrent(f2);
    }
    public void commandAction(Command c, Displayable d) {
    String lbl = c.getLabel();
    if (lbl.equals("Exit")) {
    Exit();
    }else if(lbl.equals("Check")) {
    hitung();
    }else if(lbl.equals("Back")) {
    startApp();
    }
    }
}

Lalu pilih run main project.
Selesai,semoga bermanfaat,terima kasih.







1 komentar:

  1. terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf

    BalasHapus