Minggu, 25 September 2011

E-Comerce


PENDAHULUAN


Di saat ini telah berkembang e-commerce atau perdagangan elektronik yang mempunyai arti penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik dan jaringan komputer.
Industri-industri teknologi informasi memandang bahwa kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi penerapan dari e-business yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM, e-marketing, atau online marketing.


PEMBAHASAN


Perdagangan Melalui jaringan elektronik 


Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik
Dalam melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik mempunyai beberapa keuntungan yaitu :

  • Konsumen tidak perlu repot untuk datang ke tempat penjualan karena ia dapat membeli barang dan melihat barang yang di jual kapan saja hanya dengan komputer pribadinya.
  • Pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti etrade.com membebankan biaya hanya sekitar $ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.
  • Menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan(customer service).
  • Dapat menjangkau pelanggan ke seluruh dunia.


kendala perdagangan melalui jaringan elektronik
Dalam pelaksanaan e-commerce pun di dapatkan kendala-kendala dalam perdaganganya yaitu :

  • Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelangganjalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
  • Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
Dalam ingin mengikuti perdagangan melalui jalur elektronik kita harus :

  • Mengumpulkan data dari perusahaan.
  • Mengevaluasi data dengan kebenarannya agar memastikan ke efektifitasannya.
  • Menganalisa data dengan menjelaskan berbagai pola peneliti data.
  • Menyimpan intellijen,intellijen adalah informasi yang menjelaskan elemen-elemen dalam perusahaan
  • Menyebarkan intellijen yaitu setelah berada dalam penyimpanan komputer diambil kembali dan di ambil kembali dengan memasukkan parameter tertentu.



Strategi Perdagangan melalui jaringan elektronik


Adapun strategi atau faktor sukses dalam penjualan melalui jaringan elektronik yaitu :

  • Menyediakan harga kompetitif
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan.


Sistem antar Organisasi (IOS)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal Mitra Dagang atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS Sistem antar organisasi.

Manfaat IOS


Dibagi 2 yaitu :

  • Efisiensi komparatif

yaitu para penyedia barang dan jasa dapat bersaing lebih murah dari pada para pesaingnya.

  • Kekuatan tawar menawar

kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya.

Pertukaran data elektronik (EDI)


Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan.

Hubungan EDI yang Umum


Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan.

Standar EDI
       Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.

Tingkat Penerapan EDI
       Tiga tingkat penerapan EDI, yaitu :

  • Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
  • Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
  • Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Manfaat EDI

  • Mengurangi Kesalahan
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik


      Pilihan Teknologi :

  • Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
  • Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

          Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan

KESIMPULAN


Jadi kesimpulan tentang e-commerce adalah sangat memungkinkan bahwa suatu saat e-commerce dapat menggantikan penjualan tradisional karena dapat sangat lebih mudah dalam pembeliannya,hanya saja sekarang ini belum ada keamanan yang sangat efektif.

DAFTAR PUSTAKA


http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14055/TEKNOLOGI+INFORMASI+DALAM+PERDAGANGAN(pert2).doc
http://tomdjoke.blogspot.com/2010/01/e-commerce.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Sejarah_perkembangan
http://wiwied.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9036/slide_E-Commerce.pdf

PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI


Pendahuluan


Artikel ini saya buat karena untuk menyelesaikan tugas softskill dan untuk saling memberitahukan tentang sistem informasi manajemen.Manajemen informasi adalah suatu aktivitas manajer yang memproses data mentah menjadi suatu informasi yang dapat di gunakan dan seorang manajer haruslah mengganti sebuah informasi yang tidak lengkap dan salah dengan informasi yang dapat di gunakan,itu semua yang di sebut dengan manajemen informasi.


Pembahasan



  1. Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan

Seiring perkembangan jaman manajemen informasi sekarang yang di butuhkan makin lama semakin kompleks dan diminta untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang efektif.

     1.1.  Meningkatnya Kekompleksan Tugas Manajemen

kekompleksan tugas manajemen di bagi menjadi 5 faktor antara lain :

  • Pengaruh Ekonomi Internasional

sekarang ini perusahaan-perusahaan telah di jadikan subyek bagi pengaruh ekonomi di seluruh dunia,sebagai contoh dengan pengaruh mata uang dollar US dalam perbandingan dengan nilai mata uang asing yang mempunyai keseimbangan impor dan ekspor.

  • Meningkatnya kekompleksan Teknologi

Sekarang ini teknologi berkembang semakin lama semakin kompleks,contohnya sekarang ini banyak pabrik-pabrik yang sudah menggunaka teknologi yang otomatis.

  • Penyusutan Kerangka Waktu

seorang manajer sekarang ini haruslah dapat bertindak secara cepat untuk merespon tekanan dari pelanggan.

  • Tekanan Pesaing

seorang manajer haruslah dapat bekerja secara sangat efisien karena harus bersaing dengan pesaing-pesaing dari lain perusahaan

  • Tekanan Sosial

lalu yang terakhir seorang manajer juga harus menghadapi tekanan dari dalam perusahaanmisalnya pembayaran gaji,tempat penjualan baru dan lain-lain.


     1.2. Keberadaan Alat untuk Memecahkan Persoalan

Lalu untuk mendukung tugas dari seorang manajer haruslah dapat menggunakan alat-alat yang sekarang ini semakin kompleks yang bertujuan agar semakin efektif dalam pengam bilan keputusan.



     2. Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi


Manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan penggunaan segala jenis sumber.Sumber itu sendiri dapat berupa orang,peralatan,uang atau informasi.

    2.1. Keterampilan Manajemen
Seorang manajer haruslah mempunyai keterampilan sebagai berikut :

  • Dapat berkomunikasi dengan baik melalui lisan maupun tertulis.
  • Dapat memecahkan semua masalah yang terjadi di dalam organisasinya.
  • Mengusai dengan baik tentang komputer karena komputer dapat di gunakan sebagai pendukung komunikasi dan pengambilan keputusan.
  • Dapat memahami dan menggunakan semua informasi yang di butuhkan di organisasinya.

   2.2. Manajer dan Sistem Informasi
Seorang manajer harus dapat melakukan orientasi sistem yaitu sekelompok elemen-elemen  yang saling berinteraksi  untuk mencapai tujuan tertentu.


   3. Data dan Informasi


Data dan informasi tidaklah sama,jika data adalah suatu informasi yang belum di olah dan belum dapat digunakan,tetapi jika informasi adalah suatu data yang sudah di olah dan dapat berguna bagi seseorang.


   4. Komputer sebagai Elemen dalam Sisitem Informasi


Komputer menjadi suatu pendukung yang penting dalam merubah suatu data menjadi informasi-informasi yang di butuhkan.


   5. Evolusi Sistem Informasi Berbasis komputer


Evolusi sistem informasi di bagi menjadi 5 yaitu :

  • Fokus Data

Menggunakan suatu aplikasi komputer yang disebut EDP tetapi aplikasi ini terbatas hanya untuk memproses data akuntansi.

  • Fokus Informasi

Menggunakan suatu aplikasi komputer untuk memproses suatu data menjadi informasi.

  • Fokus pada Pendukung Keputusan

Menggunakan suatu aplikasi komputer untuk mendukung dalam pengambilan keputusan.

  • Fokus pada komunikasi

Yaitu di fokuskan kepada office automation yang dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi dan mempermudah komunikasi dan meningkatkan produktivitas antara manajer dengan karyawan.

  • Fokus Konsultasi

yaitu adanya penerapan AI atau artificial inteligence yang mempunyai arti bahwa komputer dapat diprogram untuk melakukan beberapa pemikiran logis seperti manusia.


   5. Upaya Pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer 


Upaya agar dapat tercapainya sistem ini adalah kita harus dapat melakukan fase-fase yaitu :

  • Perencanaan
  • Analisis dan desain
  • Implementasi
  • Operasi dan kontrol

Dan jika kita dapat melakukan fase-fase tersebut maka kita akan dapat melakukan sistem informasi berbasis komputer.


Kesimpulan


Jadi setelah saya membuat artikel ini saya mendapatkan kesimpulan bahwa seorang manajer adalah bagian penting dalam suatu organisasi yang sangat di butuhkan agar organisasi itu dapat bersaing dengan organisasi atau perusahaan-perusahaan lainnya yang sekarang ini telah bersaing dengan sangat ketat.


Daftar Pustaka


E.S. Margianti & D. Suryadi H.S. .Sistem Informasi Manajemen.Penerbit Gunadarma.